Kemampuan Dasar Wartawan yang Anda Perlukan untuk Menulis Artikel Bermutu

Apakah Anda serius ngeblog? Apakah Anda ingin mendapatkan uang dari aktifitas blogging? Apakah Anda ingin seperti Darren Rowse? Apakah Anda berencana untuk menggantungkan hidup Anda pada dunia blogging? Jika iya, salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah menulis konten bermutu.

Biasanya konten bermutu ditulis dengan bahasa yang jelas, dan memiliki manfaat besar kepada pembaca. Tidak usah khawatir dengan tingkat kesulitannya, karena ini adalah win-win solution (menguntungkan kedua belah pihak).

Lagi pula, dengan menulis konten bermutu Anda akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

1. Blog Anda akan menjadi otoritas dan menjadi rujukan untuk topik yang dibahas
2. Meningkatkan jumlah pelanggan RSS karena pembaca dengan sukarela menjadi pelanggan RSS Feed blog Anda.
3. Membangun kredibilitas dan popularitas blog Anda. Ini sangat penting jika blog Anda hendak dimonetisasi dengan afiliasi, menjual produk sendiri, atau pun menjual iklan mandiri.
4. Menjadi generator trafik dari mesin pencari dalam jangka panjang karena umumnya posisi artikel bermutu akan bagus di hasil penelusuran mesin pencari.


Jika Anda butuh membuat artikel bermutu, tiga kemampuan dasar wartawan berikut akan membantu Anda.

1. Tahu Apa Yang Menarik Bagi Pembaca

Wartawan dituntut mencari informasi yang menarik. Kriteria menarik sendiri sebenarnya relatif, tergantung kepada jenis koran atau majalah tempat mereka bekerja.

Tetapi secara umum kriterianya yaitu aktual, booming, analisa terhadap kasus yang tajam, dan menyajikan informasi yang dibutuhkan pasar pembacanya.

Semangat menyajikan artikel yang menarik itu bisa Anda tiru, dengan cara membuat artikel dengan kualitas seperti di atas. Anda bisa berpegangan kepada hasil identifikasi Anda terhadap kebutuhan pengunjung. Strateginya adalah:

1. Membaca komentar mereka, biasanya jika mereka kesulitan dan ingin mengetahui lebih lanjut mereka menuliskannya di bagian komentar.
2. Bertanya langsung. Pertimbangkan untuk membuat kategori post di blog Anda yang dikhususkan untuk bertanya kepada mereka.
3. Menampilkan menu Kontak Saya. Secara pribadi saya pernah mengalaminya, salah satu pembaca blog saya mengirim email dengan menggunakan form kontak saya, dia meminta saya menulis tentang bagaimana mengatasi rasa gugup ketika presentasi.



2. Selalu Ingin Tahu

Kemampuan wartawan lain yang bisa Anda adopsi adalah mereka bisa mengetahui suatu peristiwa dengan lebih detail, bahkan bisa saja lebih detail jika dibandingkan dengan korban dan saksi. Sebab mereka mempunyai, atau lebih tepatnya diharuskan menjadi orang yang selalu ingin tahu.

Rasa ingin tahu sangat penting bagi blogger, karena hal itu membuat blogger selalu upadate perkembangan topik yang dia bahas, dan membuatnya selalu mampu menguasai topik tersebut.

Sebagai contoh, jika blog Anda tentang SEO, dan Anda tidak mengetahui detail dan elemen penting apa yang berubah dengan adanya Google Panda. Maka, teknik-teknik SEO yang Anda bahas akan basi.

Tidak sulit membuat Anda mendapatkan informasi terbaru di topik blog Anda. Anda bisa berlangganan RSS Feed blog-blog besar yang setopik, Technorati Watchlist, Twitter Alert, dan Google News and Blogs Alert. Layanan-layanan itu akan mengirim artikel baru ke email Anda.

Terlepas dari itu, pastikan Anda juga memiliki sifat seperti anak kecil. Mereka selalu ingin tahu terhadap sesuatu. Untuk memudahkan Anda, gunakan selalu konsep 5W+1H ketika mencari informasi topik yang akan Anda tulis.

3. Menyaring Data

Jika kasus yang akan diungkap oleh seorang wartawan memiliki silang pendapat dan sulit diverifikasi, seorang wartawan menggunakan teknik triangulasi data.

Contoh penggunaan biasanya kepada kasus-kasus kejahatan. Jika pelaku kejahatan itu ada dua orang, maka wartawan akan bertanya secara terpisah kepada dua pelaku itu. Kemudian dilengkapi dengan keterangan saksi. Informasi-informasi yang di-iya-kan oleh 3 macam sumber data itu lah yang akan digunakan sebagai bahan tulisan. Sedangkan yang lain, diabaikan karena data itu dianggap tidak valid.

Anda bisa menggunakan teknik-teknik wartawan itu untuk membuat konten bermutu. Caranya?

Tentukan dulu topik apa yang akan Anda angkat. Misalkan topik yang Anda bahas adalah cara membuat title tag di home page yang bagus untuk SEO. Kemudian cari informasi dari 3 sumber berbeda, atau langsung merujuk kepada blogger-blogger kondang. Contohnya,

1. SEO Moz menggunakan: kata kunci utama – kata kunci pendukung | brand.
2. Viperchill menggunakan: kata kunci utama – kata kunci pendukung
3. Daniel Scocco menggunakan: kata Kunci utama saja (dia hanya menaruh Daily Blog Tips sebagai title tag blognya).


Anda bisa mengolah data di atas menjadi bahan dasar konten Anda. Jika dilihat dengan teknik triangulasi, maka Anda bisa menulis konten yang hanya menyarankan memasukkan kata kunci utama karena tiga-tiganya menyarankan memasukkan kata kunci utama di title tag blog kita.

(blogodolar.com)

Next Prev home
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More